MANDIRI CReASINDO

Mailing Address

Jl. Kalasan No 1 Menteng, Jakarta Pusat 10320

Telephone:

+62 21 70602216

+62 21 39830547

FAX: +62 21 39830547

Email: information@mcreasindo.com

Recent Event

Hotel Grage - Bengkulu, 14 Februari 2018. Kementerian Koperasi dan UKM menggelar sosialisasi penerapan aplikasi Early Warning System (EWS-KUKM) kepada 130 KUMKM Bengkulu. Aplikasi EWS KUKM yang dikembangkan oleh PT MANDIRI CReASINDO pada tahun 2017 diharapkan dapat berfungsi dalam mendiagnosa kinerja usaha Koperasi dan UMKM, sehingga mereka dapat mengetahui positioning kondisi usahanya, apakah dalam kondisi sangat sehat, cukup sehat, atau tidak sehat.
CReASINDO Kependudukan

Solusi total Komputerisasi Manajemen Kependudukan mengacu pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan Peraturan Setempat.

Home CReASINDO Spatial

CReASINDO Spatial

E-mail Print PDF

CReASINDO Spatial

CReASINDO Spatial adalah aplikasi peta indeks kekeringan yang dibuat secara khusus untuk keperluan Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah II - Badan Meteorologi dan Geofisika, agar memudahkan dalam proses pengerjaan sehari-hari dan dalam kegiatan monitoring kekeringan khususnya di wilayah Jawa Barat dan Banten.

Dalam bidang pertanian, informasi spasial tentang indeks kekeringan sangat diperlukan, karena dengan informasi ini dapat ditentukan pola tanam, pemilihan varietas yang cocok. Informasi indeks kekeringan dapat diperkirakan berdasarkan karakteristik iklim seperti curah hujan bulanan, suhu udara, penguapan dan sifat fisis tanah itu sendiri. Informasi lain yang penting adalah informasi ketersediaan air tanah. Dengan informasi ini dapat direncanakan budidaya tanaman dan tataguna lahan.

Peta indeks kekeringan ini dibuat dengan menggunakan metode Keetch-Byram Drought Index (KBDI) yang secara umum indeks ini mengekspresikan kurangnya kelembaban tanah menurut kemungkinan maksimal kandungan kelembaban tanah, yang biasanya didefinisikan sebagai kapasitas lahan. Lebih lanjut, Indeks Kekeringan Keetch-Byram telah diterapkan dengan beberapa modifikasi oleh orang-orang Australia dan negara lain yang sebagian besar beriklim tropis.